soalnya, nouvo pake ban yang lebih besar (16 inch), so ratio harus lebih ringan dibanding soul yang pake roda 14 inch.
trus, biar topspeed gk kedodoran, modif bagian pulley.
dibuat lebih tirus, sudut pulley jadi lebih kecil, kira2 jarak terluar pulley depan jadi berkurang 1-2 mm ketika pulley ditempelkan (pas menempelkan, biar mudah, ambil dulu pulleynya, pasang di bos/pen-nya, lalu ditempelkan seolah2 lagi mendekap belt secara penuh (topspeed)), logikanya, kalo pulley mendekap belt lebih sempit, belt akan lebih mengembang keluar, so topspeed lebih bagus.
oya, kedua sisi pulley harus sama sudutnya. yang belakang (driven) standar aja. gak usah ganti per dulu.
trus, bagian mangkuk roller,
sisi terluar yang menahan roller dibuat tirus, searah alur roller yang miring. jadi roller tidak tertahan, tapi masih bisa gerak keluar mendorong mangkuk. disisakan tebal kira2 1,5-2 mm. roller pake yang standar aja.
kalo udah, jangan lupa, kalo misal ketebalan kedua pulley ketika ditempelkan (mendekap belt penuh) berkurang 2 mm, maka bos tempat pulley bergerak meluncur harus dikurangi 2 mm juga. kalo berkurang 1 mm, cukup mengambil ring yang terpasang di ujung luar bos. ambil ringnya, pasang aja di luar.
dengan begitu, tarikan lebih enteng n topspeed bagus.
lebih bagus lagi, kalo kompresi dinaikkan, aslinya 8,8: 1, dinaikin jadi sekitar 9,3-9,6 : 1. ato diatas 10 : 1 juga gpp, asal bbm jangan pake premium. minimal pertamax.
pasti tarikan jauh dibandingkan standar, topspeed juga nambah. gak perlu bore up.
kalo pake roller lebih enteng, biasanya mesin aja yang meraung, tarikan gak nambah secara signifikan (dikit nambah), tapi tarikan awal tetep aja tidak enteng,
beda dengan mengganti rasio yang lebih ringan, ketika start, langsung melaju enteng,
kalo roller aja yang diganti lebih enteng (ato pegas driven cvt lebih keras), start tetep berat, setelah jalan beberapa meter baru enteng, yah, kalah start deh.
pake roller standar dulu.
biar pulley gak selip, pegas cvt bisa dikeraskan. namun untuk mengimbanginya justru roller diperberat, biasanya ada 3 macam per driven pulley. yang setara standar, kemudian lebih keras (untuk harian), dan yang terakhir paling keras (racing). bisa pakai per yang lebih keras, namun roller naik 11-12 gram tergantung karakter/selera. kalo pakai yang paling keras, roller antara 12-14 gram.
kalo pake per racing namun roller diperringan, cocoknya untuk dipake di sirkuit/trek2 pendek, buat harian justru lebih boros. selain itu, pake per yang lebih keras dengan mengurangi berat roller bikin deselerasi kuat, jadi, misal jalan pada kecepatan tertentu, terus gas dilepas, akan berefek seperti engine brake, roda belakang tertahan.
7 komentar:
kira2 biaya hbis berapa?apa tgal bongkarpasang ato harus ada yang di bandrek?jika mau kmbali spti semula susah tidak?
wah...
kalau untuk biaya nya setiap bengkel beda2 mas...
:D
tu roller nya aja klo yang pake TDR skitar 100an lah...
tu baru roller nya aja...
:D
itu tinggal masang dan seting...
orang bengkel lebih tau...
untuk kembali ke standar mudah, kalau mau lebih mudah yang sparepart standart jangan di pasang, tp gunain aja untuk mencobanya dengan membeli merk yang lain...
:D
gan mau tanya nih,…. mio saya uda di bore up pake piston neotech…. nah yg jd kendala saat ini adalah di seputar CVTnya,ane baru rubah per CVTnya pakai 2000rpm, roller menggunakan 9 grm dan 11 gram,tenaga lumayan gede…..terus karna kurang puas ane coba oprek lagi bagian CVTnya, rumah rollernya ane di papas dengan maksud supaya tenaga diputaran atasnya lebih panjang,lalu sudut primary pullynya dirubah dibikin tirus yg tadinya 12 derajat jd 14 derajat bagian terluarnya,….tp justru mio ane kehilangan tenaga diputaran bawahnya, suara motor uda kenceng tp ga loncat, beda jauh sama sebelum di rubah,nah tolong bantu ane dong…..sudutnya tirusnya harusnya berapa derajat?? terus roller yg ane pake pasnya berapa? apa saja yg mesti ane ganti atau rubah dibagian ini?? terima kasih sebelumnya… :)
salam hangat dari 86 Mio club Jakarta(86MCJ)
mau tanya nih, gua masih bener2 blom ngerti masalah ngebubut pulley'nya.
bisa diterangin ngga bang,pulley'nya harus dibubut kaya gmana..??
mau nanya gan...motor mio tanpa bore up ..saya sudah ganti
-per cvt tdr 1500rpm
-roller tdr 9gr
-vbelt
-kanvas ganda +mangkok kawahara + per yang 3
-cdi brt dualband powermax
kalau pas mau tancap gas agak lemah,kalau jalan pelan ngos2san,,apalagi kalau jalan pelan mau belok bikin berisik suara knalpot..
pa da yang salah,,,thx..
Spesialis matic harian jogja:
Mio 125cc:
Piston 53mm
Ubah squish head
Porting polish
Loller custom
Pully custom derajat
per cvt racing
Biaya 750rb
Cp 087838152133
Trima order mesin balap liar drag harian road race part racing..
Posting Komentar